Review Materi Cyber PR

 Selamat siang gais, kembali bersama saya Anisah Maulita. Sekilas balik mengulas materi  yang di sampaikan pada semester ini.

1. Definisi Cyber PR Pemataan Media Dalam Kegiatan Humas

        Cyber Public Relations adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and Communication Technologies) untuk keperluan Public Relations dalam membangun merek (brand) organisasi kepada publik atau khalayak dan dapat dilakukan secara one-to–one relations yang bersifat interaktif. Secara Definitif, Cyber Public Relations merupakan kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan sarana media elektronik Internet. Aktivitas PR tetap dituntut optimal karena cyber merupakan senjata kuat untuk menyebarkan informasi perusahaan terhadap masyarakat luas. Konsep Cyber PR secara garis besar adalah sebuah kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan menggunankan media intenet untuk membangun ataupun mempertahankan sebuah merk atau Brand.

FUNGSI DARI CYBER PR DAN APA HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN PEKERJAAN YANG BERGUNA UNTUK KEHUMASAN:

1. BERITA 

2. PUBLIKASI PR 

3. CONVENTIONAL

    PR sebenarnya ada di mana – mana, bukan hanya sebagai perannya untuk menyampaikan informasi kepada publik, mempertahankan dan meningkatkan citra, tetapi dalam bagaimana seorang PR harus paham Bagaimana dan apa yang harus dilaksanakan sebagai PR yang Peka akan teknologi di Era Globalisasi ini.

2. E PR & Teknologinya

    E-PR adalah aktivitas PR (Public Relation) yang menggunakan intrenet. E yaitu e-electronic, huruf e dalam e-pr sama artinya dengan e sebelum email dan commerce yang merujuk pada medium elektronik dunia internet, e-pr mencakup seluruh aspek internet. P untuk public, ide untuk memakai kata tunggal public saat ini telah banyak dipakai. R untuk relations membangun hubungan antar bisnis anda dengan audience merupakan kunci keberhasilan dalam dunia internet. Keuntungan internet : Komunikasi konstan , internet memungkinkan komunikasi 24 jam, Respon instan, respon terhadap masalah lebih cepat Audience global, hambatan geografis dapat dikurangi Komunikasi bersifat dua arah antara perusahaan dengan publiknya dan Relative murah.

E UNTUK SEGALA MEDIA

    Dapat berarti elektronik, namun juga bisa berarti segalanya. Argumen tsb dapat diartikan pada kenyataan bahwa apapun yang dilakukan dalam internet pada umumnya merupakan kegiatan PR (public relation).

Lembaga – Lembaga yang menggunakan E, sebagai media publikasinya 

1.Bank 

2.Rumah Sakit / Puskesmas 

3.Kantor POS 

4.Kampus 

5.Sekolah 

6.Kantor-Kantor Pemerintahan

Dalam melakukan bisnis yang sukses kita perlu mempertimbangkan prospek E-PR dengan menempatkan internet pada mestinya dengan cara mempelajari tiga 3’R : 

1. Relation (hubungan). 

2. Reputation (reputasi) 

3. Relevance (relevansi) 

TUJUAN E PR Sebagaimana yang telah diuraikan bermacam teori yang membahas tentang e-pr maka tujuan e-pr diantaranya adalah : 

1. Untuk memperluas area bisnis 

2. Untuk menjual & promosikan produk atau jasa secara online 

3. Untuk menjual produk atau jasa secara offline 

4. Untuk mendapat dukungan massa /publik 

5. Untuk memperkenalkan bisnis, produk atau jasa 

6. Untuk mendapatkan opini public 

7. Untuk mendapatkan lebih banyak uang /pemasukan .

    E-PR adalah cara yang dilakukan oleh PR untuk menjalin hubungan dengan khalayaknya dengan menggunakan media internet (website, blog, media sosial, email, marketplace). Dari kondisi yang terjadi, yang utama bagi user internet Indonesia adalah akses yang murah dan cepat, sehingga mereka bisa menikmati perkembangan teknologi informasi, terutama user internet di tingkat masyarakat daerah. Semua itu akan terwujud jika pengambil kebijkan di bidang ini bisa memiliki pandangan yang seimbang, baik dari segi user internet (masyarakat), maupun dari segi perusahaan penyedia jasa layanan internet dan teknologi informasi. Dengan kegiatan PR di dunia Internet ini menggugah para praktisi PR untuk menggunakan internet untuk praktik kehumasan.

3. ETIKA PR DI NEW MEDIA

    Pengertian Etik Prilaku manusia yang baik yaitu tindakan yang tepat, yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan moral pada umumnya. Pengertian Etika Etika disebut juga filsafat moral, adalah cabang filsafat yang berbicara tentang praxis (tindakan) manusia, Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak, tindakan manusia ini ditentukan oleh bermacammacam norma. Pengertian Kode Etik Kode etik adalah aturan susila, sikap baik/pantas yang ditetapkan bersama dalam suatu kelompok orang dan ditaati bersama oleh orang-orang yang bergabung dalam organisasi profesi tersebut. PR atau humas harus memanfaatkan media baru untuk menunjang pekerjaannya. Media baru membawa perubahan-perubahan signifikan terhadap berbagai sisi kehidupan. Dibutuhkan strategi komunikasi efektif yang bisa dimanfaatkan kalangan praktisi kehumasan untuk berbagai tujuan, salah satunya dalam pemanfaatan teknologi internet dan munculnya media baru yang membawa perubahan di berbagai lini. 

    3 Komponen dalam memahami sikap individu/kelompok, terdiri dari : 

KOGNITIF Perilaku dimana individu mencapai tingkat “Tahu” pada objek yang diperkenalkan. AFEKTIF Perilaku dimana individu mempunyai kecenderungan suka atau tidak suka pada objek. KONATIF Perilaku yang sudah sampai tahap hingga individu melakukan sesuatu terhadap objek.

    KOMUNIKASI Sebuah kebutuhan pokok manusia agar dapat berinteraksi satu sama lain agar mencapai komunikasi yang efektif Komunikator yakni orang yang menyampaikan pesan tetapi tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik karena manusia memiliki type kepribadian yang berbeda.

4. Public Relation Tools dan Prakteknya

  •     Publisitas dan media relations

       Press Release merupakan kegiatan menulis berita tentang perusahaan untuk media. 

       Press Conference merupakan kegiatan menyampaikan informasi tentang perusahaan dengan secara        langsung mengundang perusahaan. 

       Press Tours merupakan kegiatan mengundang wartawan untuk berkunjung ke perusahaan.

       Press Receptions merupakan kegiatan mengadakan acara khusus pertemuan dengan wartawan. 

       Media Gathering merupakan kegiatan mengumpulkan media dalam sebuah forum.

  •     Special Events
      1. Open house atau company visit 

           Memberi peluang kepada public untuk megenal lebih dekat perusahaan dengan berkunjung                   langsung ke perusahaan.

       2.  Awards Ceremonies 

            Acara pemberian penghargaan.

4. PENULISAN KORESPONDENSI BISNIS

    PENULISAN KORESPONDENSI BISNIS Dibedakan menjadi 2 yaitu: 

   1. Permintaan langsung (direct request) 

   2. Permintaan tidak langsung (non direct request)

    Berikut ini tahapan dalam menyusun pesan negatif (Vick & Gilsdrof: 305) dibedakan menjadi lima        yaitu: 

    1. Mulai dengan pesan yang sifatnya umum 

    2. Jelaskan masalah yang dihadapi 

    3. Nyatakan pesan negatifnya 

    4. Ambil tindakan yang diperlukan 

    5. Ditutup dengan pesan positif

PESAN PERSUASIF 

    Persuasif adalah suatu usaha yang dengan sadar dilakukan manusia untuk memodifikasi atau untuk mengubah pendapat, sikap, kepercayaan, atau perilaku individu mauupun organisasi. Pesan persuasif yaitu pesan yang dimaksudkan untuk mengubah pendapat, sikap, kepercayaan, atau perilaku individu maupun organisasi.

5. Review Video Tentang Kampus IBI-Kosgoro 1957

    Pada hari libur, tepatnya di hari minggu pas di waktu bulan puasa, aku ada tugas membuat video untuk tugas Cyber PR. Aku persiapkan apa yang saya punya untuk saya bawa dan tag video. Teriknya matahari, aku tak gentar untuk membuat video karena sudah kewajiban aku sebagai mahasiswa. Sesampainya di kampus tercinta, saya persiapkan handphone, tripod dan memulai tag video.

    Satu jam berlalu, akhirnya aku selesai dan bergegas untuk pulang dan edit video. Jujur, walaupun tidak terlalu mahir mengaplikasikan untuk edit video, tetapi dengan berusaha saya perlahan demi perlahan bisa menyelesaikan video tersebut. Salah satu tantangan, tetapi saat dijalani seru juga yaa, jadi ingin bikin video yang lain lain lagi deh. Termotivasi karena tugas kampus, tetapi jadi suatu hobby baru untuk aku. Kalian bisa nonton video aku memperkenalka kampus IBI-Kosgoro 57 di youtube aku. Ini link youtube nya ya:

https://youtu.be/rx1PK5pbKG0



Sekian review materi-materi yang telah disampaikan dan di paparkan oleh dosen Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos.,M.Pd.,M.I.Kom yang baik hati pula memberikan materi yang luar biasa ini. Dengan pengalaman beliau, semoga aku dan tentunya kalian juga bisa megikuti jejaknya ya. Terimakasih.


Sumber : Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos.,M.Pd.,M.I.Kom 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Hubungan Pelanggan

Customer Relation Management

Dasar Cyber PR